Perut Kembung Saat Hamil Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut Kembung Saat Hamil Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung

Rizki Up - diantara kalian pasti pernah mengalami perut Kembung saat kehamilan, tidak enak perut bahkan sering kentut. Ini karena pembentukan gas selama kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, salah satu faktor utama adalah peningkatan hormon progesteron selama kehamilan. Hormon ini melemaskan otot-otot seluruh tubuh Anda. Ketika otot-otot usus Anda rileks, pencernaan Anda melambat, yang membuatnya lebih mudah untuk gas dan menyebabkan sendawa dan kembung. Nah di artikel kali ini Rizki Up akan membagikan Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung saat kehamilan.

Obesitas, rendahnya aktivitas fisik, diabetes gestasional, dan gizi buruk adalah pemicu lain pembentukan gas selama kehamilan. Gangguan konstipasi dan pencernaan adalah faktor risiko lain yang berpengaruh. Beberapa perawatan dapat dilakukan di rumah dan secara efektif dapat membantu mengurangi produksi gas selama kehamilan.

Berikut Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung pengobatan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi gejala kembung dan begah selama kehamilan;

1. Minum banyak cairan
Air adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan mencegah pembentukan gas. Saluran pencernaan bekerja paling baik ketika tubuh menyerap cukup cairan. Ini juga membantu menghilangkan gas dan mencegah sembelit. Hidrasi yang tepat juga penting untuk kesehatan bayi Anda. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Ultrasound in Medicine melaporkan bahwa pada kehamilan rumit oligohidramnion terisolasi (kekurangan cairan ketuban), terapi hidrasi secara dramatis meningkatkan jumlah cairan ketuban. Minumlah sekitar 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Selain itu, sertakan jus dalam diet rendah gula Anda. Anggur, nanas dan jus jeruk adalah beberapa contoh konsumsi terbaik.

2. Hindari makanan yang membentuk gas
Makanan yang Anda makan memiliki dampak langsung pada berapa banyak gas yang Anda rasakan, baik selama kehamilan atau tidak. Selama kehamilan, Anda harus makan makanan bergizi seimbang dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan gas menumpuk di perut dan usus. Kubis, kacang tanah, kembang kol, brokoli, asparagus, kubis, roti, nasi putih, kentang, dedak gandum, raspberry dan pir hanyalah beberapa makanan yang bisa dimakan. asal usul kembung dan kembung.

Baca Juga : 7 Cara Alami Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan

Jika Anda tidak toleran laktosa atau bahkan sedikit alergi terhadap susu, hindari produk susu dan cari alternatif lain seperti susu kedelai atau susu beras. Pada saat yang sama, hindari makanan berlemak atau digoreng. Makanan ini membutuhkan waktu lama untuk dipecah dan dicerna. Selain itu, soda dan buah, minuman bersoda dipenuhi dengan kalori kosong dan dapat menyebabkan gas.

3. aktiva

Kehamilan bukan berarti Anda harus tetap di tempat tidur dan beristirahat sepanjang waktu. Bahkan, ini bisa memperparah masalah gas. Olahraga teratur selama kehamilan sangat membantu dalam mengurangi pembentukan gas yang berlebihan. Secara aktif, makanan Anda akan bergerak lebih cepat di saluran pencernaan Anda dan menghasilkan lebih sedikit gas di sepanjang jalan. Selama kehamilan, berjalan adalah latihan yang baik yang harus diadopsi oleh setiap wanita hamil untuk mencegah gas. Olahraga juga akan mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat selama kehamilan, meningkatkan metabolisme glukosa dan mengurangi resistensi insulin.

4. Makan serat

Meskipun makanan yang mengandung serat dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak gas, makan makanan berserat tinggi membantu memastikan buang air besar secara teratur. Ini membantu mencegah sembelit dan kelebihan gas selama kehamilan. Serat membawa air dalam usus, melunakkan tinja dan membiarkannya lewat dengan lebih baik. Mengkonsumsi 25 hingga 30 gram makanan kaya serat dalam diet harian Anda dapat membantu mengurangi gas. Anda bisa makan pisang dan gandum untuk meningkatkan asupan serat Anda. Jika Anda tidak menyukai makanan berserat tinggi, tanyakan kepada dokter Anda tentang suplemen serat dan ikuti sesuai petunjuk.

5. Makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering

Baca Juga : Jangan Remehkan!! Inilah 7 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Tip sederhana lain untuk menghindari pembentukan gas berlebih selama kehamilan adalah makan dalam jumlah sedikit tetapi lebih sering. Alih-alih makan tiga kali makan yang lezat, bagilah makanan Anda menjadi lima hingga tujuh kali sehari. Cara Anda mengonsumsi makanan juga dapat memengaruhi jumlah gas yang diproduksi. Kunyah makanan Anda dengan benar dan hindari menelan makanan Anda secara langsung. Mengambil sejumlah besar makanan dan makan dengan tergesa-gesa dapat menyebabkan gas terbentuk lebih cepat di perut. Juga, hindari tidur saat makan. Selalu makan makanan Anda dalam posisi duduk dan hindari waktu tidur segera setelah makan untuk menghindari pembentukan gas dan sembelit.

Semoga tutorial bisa meringankan atau menyembuhkan perut kalian calon bunda, Coba terlebih dahulu 5 tips yang ada diatas semoga bermanfaat. Demikian Artikel Perut Kembung Saat Hamil Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Nantikan update terbaru dari Rizki Up Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Perut Kembung Saat Hamil Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung"

Post a Comment

Apabila ada link yang salah atau sudah tidak berfungsi atau apapun itu, jangan lupa komen dibawah ya, Biar langsung saya perbaiki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel